Selasa, 28 April 2009

tugas 4

RANGKAIAN PADA LAMPU LALU LINTAS

Pada rangkaian ini kita menggunakan 4 input yaitu input A,B,C,dan D. Karena kita menggunakan 4 input maka 24 = 16, jadi kita akan mendapatkan 16 data. Lampu akan menyala jika niali Q telah diset bernilai 1. Lama lampunya menyala tergantung pada banyak data yang kita gunakan, disini untuk lampu Hijau saya meggunakan 6 data dari data awal. Kuning 2 data dan Merah 8 data.

Tabel kebenaran: jika lampu Hijau yang menyala (H2)

A

B

C

D

Q

0

0

0

0

1 = A’B’C’D’

0

0

0

1

1 = A’B’C’D

0

0

1

0

1 = A’B’CD’

0

0

1

1

1 = A’B’CD

0

1

0

0

1 = A’BC’D’

0

1

0

1

1 = A’BC’D

H2 = A’B’C’D’+A’B’C’D+A’B’CD’+A’B’CD+A’BC’D’+A’BC’D

= A’B’C’(D’+D)+A’B’C(D+D’)+A’BC’(D+D’)

= A’B’C’+A’B’C+A’BC’

= A’B’(C’+C)+A’BC’

= A’B’+A’BC’

= A’B’ + A’C’

Gambar rangkaian










Tabel kebenaran : jika lampu Kuning yang menyala (K2)

A

B

C

D

Q

0

1

1

0

1 = A’BCD’

0

1

1

1

1 = A’BCD

K2 = A’BCD’ + A’BCD

= A’BC(D’+D)

= A’BC

Gambaar rangkaian









Tabel kebenaran: jika lampu Merah yang menyala (M2)

A

B

C

D

Q

1

0

0

0

1 = AB’C’D’

1

0

0

1

1 =AB’C’D

1

0

1

0

1 =AB’CD’

1

0

1

1

1 =AB’CD

1

1

0

0

1 =ABC’D’

1

1

0

1

1 =ABC’D

1

1

1

0

1 =ABCD’

1

1

1

1

1 =ABCD

M2 = AB’C’D’+AB’C’D+AB’CD’+AB’CD+ABC’D’+ABC’D+ABCD’+ABCD

= AB’C’(D’+D)+AB’C(D’+D)+ABC’(D’+D)+ABC(D’+D)

= AB’C’ + AB’C + ABC’ + ABC

=AB’(C’+C)+AB(C’+C)

= AB’+AB

= A

Gambar Rangkaian









Tabel kebenaran: jika Lampu Merah menyala (M1)

A

B

C

D

Q

0

0

0

0

1 =A’B’C’D’

0

0

0

1

1 =A’B’C’D

0

0

1

0

1 =A’B’CD’

0

0

1

1

1 =A’B’CD

0

1

0

0

1 =A’BC’D’

0

1

0

1

1 =A’BC’D

0

1

1

0

1 =A’BCD’

0

1

1

1

1 =A’BCD

M1 =A’B’C’D’+A’B’C’D+A’B’CD’+A’B’CD+A’BC’D’+A’BC’D+A’BCD’+A’BCD

=A’B’C’(D’+D)+A’B’C(D’+D)+A’BC’(D’+D)+A’BC(D’+D)

=A’B’C’+A’B’C+A’BC’+A’BC

=A’B’(C’+C)+A’B(C’+C)

=A’

Gambar rangkaian









Tabel kebenaran: jika lampu Hijau menyala (H1)

A

B

C

D

Q

1

0

0

0

1 =AB’C’D’

1

0

0

1

1 =AB’C’D

1

0

1

0

1 =AB’CD’

1

0

1

1

1 =AB’CD

1

1

0

0

1 =ABC’D’

1

1

0

1

1 =ABC’D

H1 = AB’C’D’+AB’C’D+AB’CD’+AB’CD+ABC’D’+ABC’D

= AB’C’(D’+D)+AB’C(D+D’)+ABC’(D’+D)

= AB’C+AB’C+ABC’

= AB’+AC’

Gambar Rangkaian










Tabel kebenaran: jika lampu Kuning menyala (K1)

A

B

C

D

Q

1

1

1

0

1 =ABCD’

1

1

1

1

1 =ABCD

K1 = ABCD’+ABCD

= ABC(D’+D)

= ABC

Gambar rangkaian

Senin, 13 April 2009

tugas 3

TUGAS DIGITAL 3

INPUT : A = 7C GERBANG LOGIKA = A . B

B = A5 A +B

A . B

A+ B

A B

JAWAB: 7 C = 0111.1100

A 5 = 1010.0101

INPUT A

INPUT B

A . B

A+B

A . B

A+B

A B

0

1

0

1

1

0

1

1

0

0

1

1

0

1

1

1

1

1

0

0

0

1

0

0

1

1

0

1








1

0

0

1

1

0

1

1

1

1

1

0

0

0

0

0

0

0

1

1

0

0

1

0

1

1

0

1

Konversi Ke HEX

2 4

F D

DB

2

D 9

HASIL:

INPUT A= 7C A . B = 0010.0100 = 2 4

INPUT B= A5 A +B = 1111.1101 = F D

A . B = 1101.1011 = DB

A+B = 0000.0010 = 2

A B = 1101.1001 = D9

GERBANG XOR (EXCLUSIVE OR)

Gerbang XOR dua input sebagai pembanding,sedangkan untuk 3 input atau lebih dapat kita simpulka jika ouputnya akan bernilai 1 apabila inputnya bernilai ganjil



Fungsi : Y = A B





Tabel kebenaran 3 input

InputA

inputB

inputC

OutputQ

0

0

0

0

0

0

1

1

0

1

0

1

0

1

1

0

1

0

0

1

1

0

1

0

1

1

0

0

1

1

1

1

Tabel kebenaran 4 input

inputA

inputB

inputC

inputD

outputQ

0

0

0

0

0

0

0

0

1

1

0

0

1

0

1

0

0

1

1

0

0

1

0

0

1

0

1

0

1

0

0

1

1

0

0

0

1

1

1

1

1

0

0

0

1

1

0

0

1

0

1

0

1

0

0

1

0

1

1

1

1

1

0

0

0

1

1

0

1

1

1

1

1

0

1

1

1

1

1

0


[untitled2.bmp]

KESIMPULAN :

dalam tabel kebenaran dari gerbang logika XOR untuk 2,3,4 dan 5 dapat diambil kesimpulan :

1. untuk input yang berjumlah 2, maka gerbang XOR dapat digunakan sebagai pembanding antar 2 input tersebut. jika kedua input bernilai sama maka outputnya akan benilai nol "0", sedangkan apabila kedua inputnya memiliki nilai yang berbeda, maka outputnya akan bernilai satu "1"

2. untuk input yang berjumlah 3 atau lebih, outpunya akan bernilai satu "1" apabila input yang bernilai satu "1" berjumlah ganjil, sebaliknya output akan bernilai nol "0" apabila jumlah input yang bernilai satu "1" berjumlah genap.


[untitled1.bmp]

Minggu, 05 April 2009

tugas 2

Tugas : 2
Konversi bilangan:
1.konversi bilangan decimal ke biner:
71(10)=1000111(2)
71/2=35 sisa 1
35/2=17 sisa 1
17/2=8 sisa 1
8/2 =4 sisa 0
4/2 =2 sisa 0
2/2 =1 sisa 0
1/2 =0 sisa 1
Konversi bilangan decimal ke octal:
71(10)=107(8)
71/8=8 sisa 7
8/8 =1 sisa 0
1/8 =0 sisa 1
Konversi bilangan desimal ke hexsadesimal:
71(10)= 47(16)
71/16=4 sisa 7
4/8 =0 sisa 4
Konversi bilangan desimal ke BCD:
71(10)=01110001(BCD)
71

0001

0111
2.konversi bilangan biner ke decimal:
100110(2)=38(10)
0*20+1*21+1*22+0*23+0*24+1*25
=38
konversi bilangan biner ke oktal:
100110(2)= 46(8)
100110(2)= 38(10)
0*20+1*21+1*22+0*23+0*24+1*25
=38
38/8=4 sisa 6
4/8 =0 sisa 4
konversi bilangan biner ke hexsadesimal:
100110(2)=26(16)
100110(2)=38(10)
38/16=2 sisa 6
2/16 =0 sisa 2


konversi bilangan biner ke BCD:
100110(2)=00111000(BCD)
100110(2)=38(10)
38
1000

0011
3.konversi bilangan octal ke decimal:
27(8)=23(10)
7*80+2*81
=23
. konversi bilangan octal ke biner:
27(8)=10111(2)
7*80+2*81
=23
23/2=11 sisa 1
11/2=5 sisa 1
5/2 =2 sisa 1
2/2=1 sisa 0
1/2=0 sisa 1
konversi bilangan octal ke hexsadesimal:
27(8)=17(16)
7*80+2*81
=23
23/16=1 sisa 7
1/16 =0 sisa 1
konversi bilangan octal ke BCD:
27(8)=00100011(BCD)
27(8)=23(10)
7*80+2*81
=23
23
0010
0011
4.konversi bilangan hexsadesimal ke decimal:
A5(16)=165(10)
5*160+A*161
=165(10)
.







konversi bilangan hexsadesimal ke biner:
A5(16)=1010010(2)
5*160+A*161
=165(10)
165/2=82 sisa 1
82/2 =41 sisa 0
41/2 =20 sisa 1
20/2 =10 sisa 0
10/2 =5 sisa 0
5/2 =2 sisa 1
2/2 =1 sisa 0
1/2 =0 sisa 1
konversi bilangan hexsadesimal ke oktal:
A5(16)=245(8)
5*160+A*161
=165(10)
165/8=20 sisa 5
20/8=2 sisa 4
2/8=0 sisa 2
konversi bilangan hexsadesimal ke BCD:
A5(16)=10100101(BCD)

1010 0101
5.kobilangan BCD ke decimal:
1001011(BCD)=97(10)
9 7
kobilangan decimal ke biner:
97(10)=1100001(2)
97/2=48 sisa 1
48/2=24 sisa 0
24/2=12 sisa 0
12/2= 6 sisa 0
6/2 =3 sisa 0
3/2 =1 sisa 1
1/2 =0 sisa 1
kobilangan decimal ke oktal:
97(10)=141(8)
97/8=12 sisa 1
12/8=1 sisa 4
1/8=0 sisa 1
kobilangan decimal ke hexsadesimal:
97(10)=61(16)
97/16=6 sisa 1
6/16=0 sisa 6


Desimal
Biner
Oktal
Hexsadesimal
BCD
71
1000111
107
47
01110001
38
100100
46
26
00111000
23
10111
27
17
00100011
165
1010010
245
A5
10100101
97
1100001
141
61
10010111