Sabtu, 17 Oktober 2009

FORMAT-FORMAT GAMBAR

1. JPEG /JPG.

Joint Photographic Experts Group adalah format gambar yang banyak digunakan untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil. Beberapa karakteristik gambar JPEG:

v Memiliki ekstensi .jpg atau .jpeg.

v Mampu menayangkan warna dengan kedalaman 24-bit true color.

v Mengkompresi gambar dengan sifat lossy.

v Umumnya digunakan untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto.

JPEG berbeda dengan MPEG (Moving Picture Experts Group) yang menyediakan kompresi untuk video.

2. GIF.

Graphics Interchange Format merupakan salah satu format gambar yang banyak digunakan. Beberapa karakteristik format gambar GIF:

v Mampu menayangkan maksimum sebanyak 256 warna karena format GIF menggunakan 8-bit untuk setiap pixel-nya.

v Mengkompresi gambar dengan sifat lossless.

v Mendukung warna transparan dan animasi sederhana

Format GIF pertama kali diperkenalkan oleh CompuServe pada 1987. Salah satu jenis format GIF adalah GIF89a. GIF dengan format ini dapat menampilkan gambar animasi atau disebut animated GIF.

3. BMP.

Bitmap Dalam grafik komputer, gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Beberapa format gambar bitmap yang sering dijumpai: GIF, JPEG, BMP dan PNG.

4. PNG.

Portable Network Graphics adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (Inggris lossless compression).

(PNG dibaca “ping”, namun biasanya dieja apa adanya – untuk menghindari kerancuan dengan istilah “ping” pada jaringan komputer. Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF. Secara umum PNG dipakai untuk Citra Web (Jejaring jagad Jembar – en:World Wide Web).

Untuk Web, format PNG mempunyai 3 keuntungan dibandingkan format GIF:

· Channel Alpha (transparansi).

· Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:”brightness”).

· Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:”brightness”).

· Penayangan citra secara progresif (progressive display)

Selain itu, citra dengan format PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (5%-25% lebih baik dibanding format GIF). Satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format adalah dukungan terhadap penyimpanan multi-citra untuk keperluan animasi. Untuk keperluan pengolahan citra, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan citra – karena format ini selain tidak menghilangkan bagian dari citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan berulang ulang dari citra tidak akan menurunkan kualitas citra) namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.

5. TIFF.

Tagged Interchange File Format merupakan format file terkompresi yang biasa digunakan di paket desktop publishing dan merupakan format file bagi perusahaan percetakan.File ini diindikasikan dengan ekstensi .TIF Kekuatan dari format file TIFF adalah lebih fleksibel dari format gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruh point, image editing dan aplikasi kedalaman layout.

2. Perbandingan format-format gambar tersebut.

JPEG / JPG lebih bagus dibandingkan dengan format gambar yang lainnya.karena format JPEG / JPG lebih membuat foto tampak sesuai dengan yang aslinya.format GIFF dapat membuat gambar bisa bergerak seperti animasi.format BMP lebih menfokuskan kepada warnanya.sedangkan format PNG,TIFF dan JPEG /JPG tidak memiliki perbedaan yang menonjol.

3. Kesimpulan

Format foto / image yang banyak digunakan adalah format JPEG /JPG karena tampilannya sesuai dengan yang aslinya.sedangkan format yang lain hanya dibutuhkan sesuai dengan keperluannya.seperti format GIFF yang tampilannya seperti animasi.

no

Format gambar

Ukuran file

Visual ( gambar yang d edit)

Kualitas (visual)

1

Jpeg/ jpg

28,8 kb


2

Giff

73,7 kb




3

Bmp

31,9 kb


4

Png

484 kb



5

tiff

764 kb




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar